Tur di Bali

informasi tour murah ke bali

Objek Wisata di Semarapura(Klungkung) Bali

Tinggalkan komentar

Nama objek wisata di Semarapura Kabupaten Klungkung :

  • Tukad (sungai) Unda
    Sebuah sungai yang terbentang sekitar 46 kilometer ke arah timur. Tukad ini merupakan lanjutan dari Telaga Waja yang bersumber di kaki Gunung Agung. Dihulu tukad terdapat wahana rafting / arum reram yang sangat menantang dengan panjang rute 9 km dan melewati 22 rintangan. Bagian tengah terdapat penambangan pasir, krikil dan batu kali dan juga terdapat bendungan panjang memiliki limpahan air yang cukup tinggi, mempesona, dan bagus. Biasa digunakan untuk pemotretan dan foto pre-wedding. Sebagai latar belakang seperti tirai putih yang unik dan fantastic.

 

  • Taman Gili/Kertagosa
    Ini adalah peninggalan budaya kraton Semarapura Klungkung tempat dimana raja bertemu dengan kementerian untuk membahas persoalan keadilan atau untuk tempat mengadili perkara dan tempat upacara keagamaan terutama yadnya yaitu potong gigi (mepandes) untuk putra-putri raja. Kerta Gosa terdiri dari dua buah bangunan (bale) yaitu Bale akerta Gosa dan Bale Kambang. Disebut Bale Kambang karena bangunan ini dikelilingi kolam yaitu Taman Gili. Keunikan Kerta Gosa dengan Bale Kambang ini adalah pada permukan plafon atau langit-langit bale ini dihiasi dengan lukisan tradisional gaya Kamasan (sebuah desa di Klungkung) atau gaya wayang yang sangat populer di kalangan masyarakat Bali yang merupakan rangkaian dari suatu cerita yang mengambil tema pokok parwa yaitu Swargarokanaparwa dan Bima Swarga yang memberi petunjuk hukuman karma phala (akibat dari baik-buruknya perbuatan yang dilakukan manusia selama hidupnya) serta penitisan kembali ke dunia karena perbuatan dan dosa-dosanya.

 

  • Puputan Klungkung
    Berada di sebelah Utara Taman Gili/Kertagosa yang diresmikan oleh Bapak Menteri Dalam Negeri pada tanggal 28 April 1992. Seluruh bangunan monumen ini terbuat dari batu hitam. Puputan ini di bangun untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawan ksatria yang telah gugur dan rela mengorbankan jiwa raganya serta harta bendanya dalam mempertahankan dan menjunjung harga diri serta martabat nusa dan bangsa dari perkosaan oleh kolonial. Monumen Klungkung berbentuk Lingga dan yoni didirikan di atas areal seluas 123 meter persegi, disetiap sudut halaman terdapat balai bengong. Bagian bawah lingga terdapat ruangan yang sangat besar berupa gedung persegi empat yang berpintu masuk berupa gapura sebanyak 4 buah yakni satu di timur, satu di selatan, satu di barat dan satu lagi di utara. Ketinggian monumen itu dari dasar sampai ke puncak lingga adalah 28 m.

 

  • Goa Lawah
    Ini sebagai Pura yang dihuni ribuan kelelawar memiliki status sebagai Kahyangan jagat. Di Pura ini umat Hindu melakukan upacara Nyegara Gunung, karena lokasinya berada ditepi laut dan diperbukitan atau gunung. Konon Goa ini tembus ke Gunung Agung dan diperkirakan merupakan bekas aliran sungai bawah tanah. Pura ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena keberadaan goa kelelawarnya sendiri serta bangunan pura dan kegiatan umat bersembahyang.

 

  • Pura Taman Sari
    Terletak di Br Sengguhan. disini terdapat Meru Tumpang Sebelas dan Meru Tumpang Sembilan dari sebuah kolam.

 

 

  • Goa Jepang
    Terletak di jalan jurusan Denpasar-Semarapura, di atas Tukad(sungai)Bubuh. Memiliki 16 goa, ada 14 goa yang berhubungan sedangkan dua goa yang berada di ujung Utara dan Selatan. Ini merupakan Goa kenangan pada zaman penjajahan Jepang.

 

  • Desa Tihingan
    Berada di Kecamatan Banjarangkan. Ini merupakan pusat pembuatan gong(Gambelan Bali). Selain itu masyarakat ini juga membuat alat Gambelan Bali lainnya seperti :Semara Pegulingan, Gender Wayang, Kelentangan/Angklung dan lain-lain yang bahannya terbuat dari logam kerawang.

 

  • Desa Kamasan
    Di Desa ini terdapat kelompok seniman lukisan Tradisional yang memiliki style(gaya) tersendiri. Bukan hanya itu masyarakat di Desa ini juga memiliki keahlian dalam seni ukir emas, perak dan seni ukir peluru.

 

  • Pantai Kusamba
    Pantai ini akan anda lalui saat akan menuju goa lawah, pantai ini adalah pantai nelayan sekaligus digunakan  tempat pembuatan garam tradisional. Untuk menuju pantai ini diperlukan waktu sekitar 20 menit dari arah denpasar melalui by pass ida bagus mantra.

 

  • Goa Giri Putri
    Terletak di Dusun Karang sari Desa Suana. Masuk ke dalam goa ini agak sulit, karena harus merangkak ± 3 meter. Setelah melewati itu, orang-orang akan tercengang dan takjub, karena tidak menyangka sebelumnya bahwa rongga goa sangat lebar dan tinggi serta bisa menampung sekitar 5.000 orang. Tatkala terowongan kecil dilewati, orang akan dapat melihat dua palinggih di dalam bagian depan goa.

 

  • Pantai Lembongan & Jungut Batu
    Pantai ini memiliki karang laut yang indah dan pasirnya berwarna putih. Panorama pemandangan bawah laut yang indah. Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam di ufuk Barat yang merupakan keindahan Sang pencipta alam semesta.

 

  • Pantai Atuh
    Pantai Atuh berada di Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Bali. terletak disebuah teluk yang indah dengan alam berpasir putih disebelah kirinya dengan menjorok kelaut terdapat Tanjung Juntil dan disebelah kanan ( Selatan ) menjorok Labuan Ampuak berlanjut ketimurnya lagi terletak Gili Batu Melawang, Gili Batu Padasan, Gili Batu Abah dan Gili Batu Metegen.Diujung Timur Tanjung Juntil dan juga diujung Timur Gili Padasan terdapat tempat memancing yang sangat idial karena didepan kedua tanjung tersebut dilewati oleh arus bolak-balik dari Utara ke Selatan (dan sebaliknya) yang diikuti oleh rombongan/ Kawanan ikan bersklala ikan besar dan kecil, terutama setelah dan sebelum Purnama dan beberapa hari sebelum dan sesudah Tilem atau bulan mati, hari-hari tersebut merupakan surganya bagi pemancing mania.

 

  • Labuan Ampuak
    Terlatak di Br Pelilit Pantai Atuh dan Calung. Memiliki tinggi ± 100 meter dari permukaan laut.

 

 

  • Teluk Sebila
    Teluk ini memiliki keindahan alami yang luar biasa, pasirnya berwarna putih. Kawasan ini sangat sunyi karena tidak berpenghuni.
  • Desa Budaga
    Desa Budaga terletak di Banjar Beduga, Kelurahan Semarapura Kauh, Kabupaten Klungkung. Lebih kurang satu km sebelah barat dari Kota Semarapura atau sekitar 30 menit dari kota denpasar. Desa ini dikenal dengan pengerajin  berupa barang-barang untuk kebutuhan upacara keagamaan.

 

  • Museum Seni Lukis Klasik Nyoman Gunarsa
    Terletak Pertigaan Banda Desa Takmung. Disini tersimpan berbagai macam lukisan seni klasik Bali dari peninggalan jaman dulu hingga kini.

Penulis: info tour bali

Informasi seputar paket tour bali dan harga murah tour ke bali hub 0361 484389

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s